Mobilitas Sosial Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan | Pelajar Cerdas

Mobilitas Sosial Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

Posted by

           Mobilitas Sosial Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan-bertemu ama saya lagi gan,kali ini tentang Mobilitas Sosial Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan.Dan sebelumnya ane pernah ngepost Contoh Cerita Mobilitas Naik.

Mobilitas Sosial Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

Dalam dunia modern, banyak orang berupaya melakukan mobilitas sosial. Mereka yakin bahwa hal tersebut akan membuat orang menjadi lebih bahagia dan memungkinkan mereka melakukan jenis pekerjaan yang paling cocok bagi diri mereka. Bila tingkat mobilitas sosial tinggi, meskipun latar belakang sosial berbeda. Mereka tetap dapat merasa mempunyai hak yang sama dalam mencapai kedudukan sosial yang lebih tinggi. Bila tingkat mobilitas sosial rendah, tentu saja kebanyakan orang akan terkukung dalam status nenek moyang mereka. Mereka hidup dalam kelas sosial tertutup.

Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit. Contohnya, masyarakat feodal atau pada masyarakat yang menganut sistem kasta. Pada masyarakat yang menganut sistem kasta, bila seseorang lahir dari kasta yang paling rendah untuk selamanya ia tetap berada pada kasta yang rendah. Dia tidak mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan atau keahlian. Karena yang menjadi kriteria stratifikasi adalah keturunan. Dengan demikian, tidak terjadi gerak sosial dari strata satu ke strata lain yang lebih tinggi. Jika kita berbicara tentang mobilitas sosial, biasanya kita berpikir tentang perpindahan dari suatu tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Sesungguhnya, mobilitas sosial dapat berlangsung dalam dua arah. Sebagian orang mencapai status yang lebih tinggi, dan sebagian orang lagi mengalami kegagalan atau mengalami mobilitas sosial menurun. Ada pula orang-orang yang tetap tinggal pada status yang dimiliki oleh orang tua mereka, atau tidak mengalami mobilitas.

Nah,, sampe di sini dulu ya,jangan nangis lho kalo saya tinggal wkwkwk,bercanda, Oke Salam blogger Indonesia


Blog, Updated at: 11:10 PM

0 comments:

Post a Comment

berkomentarlah yang sopan dan baik okeee!!

Post Baru Baru Ini




Kunjungi Facebook Saya
Follow saya di Twitter
Rekomendasikan di Google Plus
Follow via rss feed

Artis Youtube

Flag Counter