Memparafrasekan Puisi Doa Karya Chairil Anwar | Pelajar Cerdas

Memparafrasekan Puisi Doa Karya Chairil Anwar

Posted by

Selamat siang, saya kembali lagi di cuaca yang sangat panas ini.. :) haaha.Panas panas ehh malah dapat tugas Memparafrasekan Puisi Doa Karya Chairil Anwar.Tapi Alhamdulillah dah selesai,daripada cuman buat tugas,mending saya share kepada sobat sobat,siapa tahu membutuhkan, simak nih Puisinya

Baca Juga Kosa kata bahasa jepang keluarga


(karya: Chairil Anwar)

Do’a

Memparafrasekan Puisi Doa Karya Chairil Anwar
 Kepada pemeluk teguh 
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh
Caya-Mu panas suci
Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi
Tuhanku
Aku hilang bentuk
Remuk
Tuhanku
Aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
Di Pintu-Mu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling


Parafrase Puisi di atas:

Unsur Intrinsik Puisi Do’a karya Chairil Anwar yaitu :
Tema : Hubungan Manusia dengan Tuhannya
Nada : Sedih
Rasa : Rindu, Penyesalan
Amanat :
1.  Tuhan akan memberikan cobaan sesuai kemampuan umatnya.
2. Selalu mendekatkan diri pada Tuhan.
3.Tuhan akan mengampuni hambanya sebesar apapun dosanya asalkan benar-benar bertaubat.

Puisi Do’a menceritakan menceritakan pengalaman penulis yang telah melakukan suatu dosa atau kesalahan yang membuat ia merasa jauh dari Tuhannya. Tetapi bagaimanapun juga, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, tiada lagi tempat penyesalan selain kepada-Nya.
Akibat dosa yang diperbuatnya itu, dia tak mengenali dirinya lagi yang sudah kotor. Karena apa yang ia kerjakan itu bertentangan dengan yang sudah diperintahkan Tuhan.
Ia pernah melakukan kesalahan yang membuatnya melupakan Tuhannya. Bahkan cahaya Tuhan dan karunia Tuhan yang suci tertutup oleh dosa yang telah diperbuatnya.
Namun pada akhirnya, peraduan terakhir dan tempat terakhir yang mau menerima dan mengampuni dosa-dosa manusia adalah Tuhan. Seberapa besarpun dosa yang diperbuat manusia, ia masihlah hamba Tuhan yang harus percaya dan tunduk kepada-Nya, karena Tuhan Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat.

Itulah tugas yang saya share, moga bermanfaat :)


Blog, Updated at: 1:16 PM

0 comments:

Post a Comment

berkomentarlah yang sopan dan baik okeee!!

Post Baru Baru Ini




Kunjungi Facebook Saya
Follow saya di Twitter
Rekomendasikan di Google Plus
Follow via rss feed

Artis Youtube

Flag Counter